Tanggapan ESDM Terhadap Ekspos BBM Solar Oleh Pertamina

Tanggapan ESDM Terhadap Ekspos BBM Solar Oleh Pertamina
Tanggapan ESDM Terhadap Ekspos BBM Solar Oleh Pertamina

PT Pertamina (Persero) berencana akan melakukan ekspor Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Solar. Perusahaan dikabarkan bahkan telah mengajukan izin ke Kementerian ESDM untuk mengirim Solar ke luar negeri.


Dirjen Migas Kementerian ESDM, Ego Syariah menegaskan bahwa ekspor boleh dilakukan asal kebutuhan bahan bakar dalam negeri telah terpenuhi. Kenyataannya, saat ini belum ada kelebihan pasokan BBM jenis Solar di dalam negeri.

"Policy-nya akan ditawarkan dulu ke dalam negeri‎, tidak akan segegabah itu, kebutuhan domestik harus terpenuhi dulu," ungkapnya di Kompleks Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (6/9).

"Sampai sekarang tidak pernah terjadi kelebihan pasokan. Tadi saya dapat informasi dari Pak Iskandar (Direktur Pemasaran Pertamina), enggak ada kelebihan," katanya.

Mantan Kepala Badan Geologi pada Badan Geologi, Kementerian ESDM ini telah menerima pengajuan izin ekspor Sola dari Pertamina. Tetapi dia sekali lagi menegaskan bahwa ekspor bisa dilakukan apabila kebutuhan Solar dalam negeri sudah terpenuhi.

"Pertamina memang pernah mengajukan izin ekspor ke Kementerian ESDM kalau kebutuhan di dalam negeri sudah terpenuhi dan masih ada kelebihan. Syaratnya storage sudah penuh dan kebutuhan di dalam negeri sudah terpenuhi," tutup dia.


0 comments: