Menjelang Mudik, PT KAI memperbaiki Daop V Yang Berada Disekitar PT KAI

Menjelang Mudik, PT KAI memperbaiki Daop V Yang Berada Disekitar PT KAI
Menjelang Mudik, PT KAI memperbaiki Daop V Yang Berada Disekitar PT KAI

Menyambut datangnya bulan Ramadan hingga mudik Lebaran tahun 2017, PT Kereta Api Indonesia Daop V Purwokerto melakukan persiapan berupa perbaikan beberapa fasilitas kereta dan infrastruktur di Stasiun Kutoarjo Kabupaten Purworejo.

Menurut Wakil Kepala Stasiun Kutoarjo, Arief, upaya persiapan tersebut ditempuh karena setiap pada kedua momentum tersebut setiap tahunnya dapat dipastikan terjadi lonjakan penumpang. Bahkan pihaknya juga berencana mempersiapkan kereta api tambahan apabila unit yang ada tak sanggup menampung jumlah penumpang.

“Kebanyakan para penumpang menggunakan kereta dalam rangka mudik lebaran. Untuk mengantisipasi lonjakan tinggi jumlah penumpang, kami juga mempersiapkan kereta tambahan,” jelasnya, Minggu (21/5).

Lanjutnya, beberapa langkah persiapan yang terus dikebut antara lain pengecekan roda atau bogie, kelistrikan, rem, onderdil kereta, interior, eksterior, mesin gerbong kereta api, dan toilet dalam gerbong kereta api.

“Pengunjung lebih memilih kereta api karena tidak berdesak-desakan, pemberangkatan berdasarkan jadwal, serta dan waktu tempuh yang lebih singkat. Oleh karenanya, kami berusaha menjamin kenyamanan sekaligus kebersihan agar para penumpang dapat menikmati perjalanan mudik dengan lebih baik,” ujarnya.

Sementara itu, Petugas Bagian Quality Control PT KAI Daop V Purwokerto, Setiawan menambahkan, perawatan terhadap unit juga dilakukan dengan cara menyemprot kerangka bagian bawah kereta menggunakan air. Tujuannya adalah untuk menghilangkan seluruh kotoran dan mengetahui kondisi kerangka kereta.


“Kalau ada yang keropos atau berlubang kita akan langsung menambal,” imbuhnya.

Lebih jauh, sasaran utama perbaikan seperti ini adalah kereta kelas ekonomi yang akan disiapkan sebagai tambahan memenuhi jumlah pengunjung yang akan membludak saat menjelang dan pasca lebaran.

Dengan itu, diharapkan penumpang tidak hanya memperoleh kenyamanan. Namun juga jaminan keamanan karena kondisi kereta api yang jauh lebih prima.

“Kami ingin musim mudik lebaran tahun ini berjalan lancar meski jumlah penumpang juga diprediksi akan berlipat ganda,” pungkasnya.

0 comments: