5 Orang Diamankan, Terduga Ikut Dalam Penyerangan Polda Sumut

5 Orang Diamankan, Terduga Ikut Dalam Penyerangan Polda Sumut
5 Orang Diamankan, Terduga Ikut Dalam Penyerangan Polda Sumut

Polisi menangkap seorang lagi yang diduga terlibat dalam penyerangan pos penjagaan pintu keluar Polda Sumut, Minggu (25/6). Total sudah 5 orang yang ditangkap terkait peristiwa yang menewaskan seorang polisi dan pelaku itu.


"Hasil pengembangan dan penyidikan di lapangan, termasuk hasil pemeriksaan, sudah diamankan 5 orang yang berperan membantu proses penyerangan pos jaga Polda Sumut," kata Kapolda Sumut Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel.‎

Kelima orang itu diamankan karena diduga memiliki peran masing-masing dalam penyerangan itu. Ada yang membantu proses perencanaan, memperbanyak dokumen propaganda, dan membantu memperbanyak dokumen video ISIS.‎

Orang-orang yang diamankan masih menjalani pemeriksaan di Polda Sumut dan dibawa untuk pengembangan. "Identitasnya nanti saya kabari. Mereka ditangkap di beberapa tempat di Medan," jelas Rycko.‎


Berdasarkan hasil penyelidikan yang melibatkan Densus 88, kata Rycko, penyerangan ini terkait dengan jaringan terorisme di Jawa dan Sumatera. Pelaku ditengarai sebagai anggota jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang memang menyasar anggota Polri dan merebut senjata.

Tidak tertutup akan ada tersangka pelaku lain yang diamankan polisi. "Bisa saja (ada tersangka baru)," sebut Rycko.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, para pelaku sudah merencanakan penyerangan itu dalam sepekan.‎
Istri salah seorang pelaku juga sudah dimintai keterangan. Dia ditanyai mengenai keseharian suaminya dan propaganda yang dilakukan.

Seperti diberitakan, dua orang menyerang pos penjagaan Mapolda Sumut, Minggu (25/6) sekitar pukul 03.00 WIB. Mereka berkelahi dengan 2 personel yang berjaga.

Seorang personel kepolisian tewas diserang senjata tajam. Seorang pelaku kemudian ditembak mati, seorang lainnya ditembak pada bagian paha.

0 comments: