Pemudik Meningkat di Terminal Kp Rambutan, Mudik Gratis Menurun

Pemudik Meningkat di Terminal Kp Rambutan, Mudik Gratis Menurun
Pemudik Meningkat di Terminal Kp Rambutan, Mudik Gratis Menurun

Jumlah pemudik yang menggunakan bus dari Terminal Kampung Rambutan mengalami peningkatan hingga 60 persen. Kepala Terminal Kampung Rambutan Emiral August mengatakan, peningkatan ini dikarenakan program mudik gratis yang tahun lalu gencar, mulai berkurang pada tahun ini. 


"Ada (peningkatan) jumlah penumpang sekitar 50-60 persen. Tahun lalu 49 ribu orang mudik dari sini. Sebab-sebab naik karena ada pengurangan mudik gratis oleh parpol-parpol atau dan lain-lain. Sekarang mudik gratis mulai berkurang," kata Emiral di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Jumat (23/6).

Emiral memastikan, armada bus yang tersedia masih cukup menampung pemudik. 

"Masih cukup sampai hari ini. tapi kemarin kita sempat kekurangan armada. sebab ada hambatan bus masuk sini, karena macet. Terus kita antisipasi bus-bus pariwisata kemarin minta bantuan 31 bus," ujar Emiral. 


"Tapi harus melalui tes ram, cek surat-surat dan lain-lain ada satu bus pariwisata yang mau dijadikan bus lebaran, kita tilang sebab surat-surat ada, KPS pariwista mati, kita tilang" sambungnya. 

Secara keseluruhan, kata Emiral, Dishub DKI Jakarta telah menyiapkan 3.674 angkutan mudik yang disebar ke tiga terminal utama dan lima terminal bantuan. Tiga Terminal utama di antaranya, Terminal Pulogebang, Kampung Rambutan dan Kalideres.

Sementara, lima Terminal bantuan yakni Terminal Lebak Bulus, Pinang Ranti, Muara Angke, Grogol, Tanjung Priok. Selain itu, disiagakan juga armada reguler di trayek masing-masing sekitar 3.111 unit. 

0 comments: