Lebaran 2017, AP II Prediksi 8,7 juta Pemudik Menggunakan Pesawat

Lebaran 2017, AP II Prediksi 8,7 juta Pemudik Menggunakan Pesawat
Lebaran 2017, AP II Prediksi 8,7 juta Pemudik Menggunakan Pesawat

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, memprediksi akan ada pergerakan 8,7 juta penumpang pengguna moda angkutan udara saat akan mudik dan balik Lebaran. Angka ini meningkat 4,7 persen bila dibandingkan dengan tahun 2016.

"Terjadinya lonjakan penumpang dalam bentuk passengers movement (pergerakan penumpang) dan aircraft movement (pergerakan pesawat). Ada 8,7 juta traffic passangers tumbuh 4,7 persen dari angkutan Lebaran tahun lalu," ujar Awaluddin di Hotel The Plaza, Jakarta, Rabu (14/6).

Dari pergerakan 8,7 juta penumpang, nantinya akan berfokus di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) sebanyak 5,3 juta selama 27 hari masa mudik. Sementara, sisanya tersebar di seluruh wilayah kerja AP II. 


"5,3 juta dikontribusikan dari Bandara Soetta (Pulang-Pergi), jadi artinya Soetta selama 27 hari orang keluar dan masuk 5,3 juta. Sisanya di 12 bandara lain," jelas Awaluddin. 

Sementara itu, pergerakan pesawat selama 27 hari diperkirakan akan ada sebanyak 59.300 pergerakan pesawat. Angka tersebut meningkat 3,6 sampai 3,7 persen dibanding pergerakan pesawat Lebaran tahun lalu. Peningkatan angka tersebut menunjukkan moda transportasi udara masih menjadi pilihan utama masyarakat.

"Dari angka situ, disimpulkan bahwa moda transportasi udara masih jadi primadona. Karena dinamisnya dan karena kecepatannya," tegasnya. 

Awalludin memastikan pihaknya akan memberi pengamanan ekstra saat melaksanakan pelayanan mudik Lebaran. Meskipun banyak penambahan penerbangan, keselamatan penumpang merupakan prioritas.

"Kita ingin jaminkan bahwa moda transportasi udara menjadi poin cukup penting dan apa yang harus kita jaminkan," pungkasnya.


0 comments: