Resmi, Indonesia-Jerman Kerja Sama di Bidang Pendidikan Vokasi

Resmi, Indonesia-Jerman Kerja Sama di Bidang Pendidikan Vokasi
Resmi, Indonesia-Jerman Kerja Sama di Bidang Pendidikan Vokasi

Indonesia resmi menggandeng Jerman guna meningkatkan keterampilan sumber daya manusia di Tanah Air. Itu ditandai dengan penandatangan dokumen kerja sama pendidikan vokasi antara Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dengan Menteri Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan Jerman Gerd Muller, di Jakarta, hari ini.

Menteri Bambang mengatakan sasaran kerja sama ini adalah pelajar Sekolah Menengah Atas dan guru di Indonesia.

"Pendidikan menjadi salah satu fokus kami, untuk itu kami ingin kerja sama ini benar-benar terlaksana. Nanti akan diberlakukan di sekolah-sekolah yang telah siap. Bagi dari segi peralatan dan lainnya, bukan hanya siswanya tapi gurunya juga nanti akan diikutsertakan."

Menurutnya, Jerman merupakan negara yang tepat untuk diajak kerja sama. Sebab, pendidikan vokasi di negera federal tersebut sudah tergolong maju.

"Jerman negara maju di sektor industri dan sistemnya sudah mapan. Dan kami ingin mengadopsi sistem mereka dalam penerapan tersebut," ungkapnya.

Sebagai informasi, penandatanganan kesepakatan tersebut merupakan realisasi dari komitmen sudah terjalin antaran Presiden Joko Widodo dan Kanselir Jerman Angela Merkel, beberapa waktu lalu.

"Penguatan kerja sama dalam Pendidikan vokasi ini sejalan dengan komitmen Indonesia, melakukan reformasi pendidikan vokasi, untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, berkeahlian dan sesuai dengan kebutuhan industri, dan pembangunan nasional."


0 comments: